Pembukaan Latihan Beladiri TAPAK SUCI Putera Muhammadiyah


Selasa, 07 september 2021 Pesantren Muhammdiyah Al-Furqon menyelenggarakan pembukaan seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah, bertempat di lapangan pesantren Al-Furqon.

Acara ini dihadiri oleh anggota Tapak Suci Pesantren Muhammadiyah Al-Furqon, pembina tapak Suci, pembina keorganisasian, jajaran pimpinan, dan pimpinan wilayah tapak suci Jawa barat, dan di buka oleh Wadir 1 Bidang Pendidikan Ust Ali Ahmad Fauzi S.Pdi., M.Ag.

Pimpinan wilayah tapak suci Jawa Barat memberi sambutan dan motivasi untuk santri-santri yang akan berlatih Tapak Suci.

Tapak Suci merupakan sebuah aliran perguruan dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci di Al-furqon sendiri merupakan ekstrakulikuler wajib bagi seluruh Santri kelas 1 dan Kelas 4. Kegiatan ini dijadwalkan untuk berlatih setiap Hari Selasa sore.

Mengapa Tapak Suci wajib diikuti oleh santri? Karena santri butuh melindungi diri dari gangguan orang-orang jahat diluar lingkungan pesantren.

Dalam Islam, bela diri dibutuhkan untuk melindungi diri dari gangguan orang-orang yang sengaja berniat jahat, bukan untuk menghancurkan seseorang, bukan juga untuk membalas dendam. Karena Islam mengharamkan kekerasan.

Hendaklah tujuan dalam belajar bela diri hanyalah untuk membela hak kita sebagai seorang muslim yang menjadi khalifah di muka bumi ini.

Rasulullah bersabda: ”Sesungguhnya amal itu tergantung dari niatnya” (HR Bukhari). 

=============================

🖥️Official Media
📧Website : www.alfurqon.id
📷Ig : pesantrenmuhammdiyahalfurqon
☑️Fb: Pesantren Muhammdiyah Alfurqon Tasikmalaya

Leave a Reply